Rangkuman Bab 6 Informatika: Analisis data

Untuk mengerti pengertian analisis data, maka kita harus terlebih dahulu paham apa itu data. Apa itu data?

Pengertian Data

Pada dasarnya, data merupakan sekumpulan informasi suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh namun belum diolah lebih lanjut dapat menjadi sebuah fakta atau anggapan. Contohnya adalah data sebuah pemain bola dari klub FIFA. Data ini juga dapat dikomplekskan. Seperti data pemain bola FIFA yang suka berpindah-pindah klub bola.

Di kelas 8, kita akan mempelajari apa itu analisis data dan bentuk-bentuknya, serta mempelajari lebih dalam tentang analisis data itu sendiri. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui informasi informasi yang berguna yang nanti akan dilakukan untuk proses analisis data

Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data.

SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.

Kegiatan apa yang akan kalian lakukan terkait analisis data?
 Di kelas VII, kita telah belajar mengolah data tanpa bantuan komputer. Di kelas VIII, kalian akan belajar untuk memakai pencarian data, menampilkan data dengan chart, meringkas data dengan pivot table, dan mengelola data untuk dianalisis dan disimpulkan

Hal hal yang akan dipelajari di analisis data

1. Pencarian data
   Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrival information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang di perlukan secepat mungkin.

2. Visualisasi data
    Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data. Visualisasi data menerjemahkan yang kompleks, bervolume tinggi, atau numerik menjadi representasi visual yang lebih mudah diproses.

3. Pengolahan data
   Pengolahan data dalam penelitian adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

Berikut merupakan video tentang analisis data


Sekian, terimakasih. !



Comments

Popular Posts